Ganjar Bersama Pemkot Sambangi Posko Pengungsian

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo melakukan kunjungan kerja ke Kota Pekalongan. Didampingi Walikota Pekalongan, HA Afzan Arslan Djunaid, Dandim 0710/Pekalongan, Letkol CZI Inf Hamonangan Lumban Toruan, Wakapolres Pekalongan Kota, Kompol Anggara Rustamyono, Camat Pekalongan Barat M. Taufiqu Rochman. S,STP dan segenap Forkopimda lainnya, kunjungan Ganjar ini dilakukan dalam rangka mengecek penanganan banjir rob dan melihat secara langsung kondisi pengungsi di Kota Pekalongan, Sabtu malam (28/5/2022). Adapun dua lokasi yang didatangi Ganjar beserta rombongan yakni di posko pengungsian Masjid Khusnul Khuluq, Tirto, Kecamatan Pekalongan Barat dan pengungsian di Kantor Markas PMI Pekalongan, Panjang Wetan, Kecamatan Pekalongan Utara.
 
Ganjar mengungkapkan bahwa, sebenarnya antara daerah Semarang dan Pekalongan ini mirip permasalahan banjir dan robnya. Dimana, banjir rob kali ini selain karena air rob yang tinggi, juga diakibatkan karena adanya tanggul yang jebol. “Tapi tadi Pak Walikota sudah menyampaikan bahwa tanggul jebol sudah tertutup. Sekarang tinggal proses pemompaan. Mungkin yang kita bantu adalah percepatan proses pemompaan agar cepat surut. Kalau kita lihat data dari BMKG sekarang sudah tidak setinggi seperti pada hari Senin,” ucap Ganjar.
 
Sama seperti Semarang, Ganjar juga meminta Pemerintah Kota Pekalongan melakukan patroli pada bagian-bagian tanggul yang berpotensi atau rawan jebol. Jika ditemukan, maka segera diambil tindakan.
“Hitung-hitungannya kemarin pada saat Saya melihat data dari BMKG, itu nanti ada di Bulan Juni hingga Juli kemungkinan ada siklus banjir rob yang tinggi juga. Maka kita harus waspada dan mengantisipasi,” tegasnya.
Untuk kondisi pengungsi, Ganjar bersyukur bahwa, semua dalam kondisi sehat dan sudah bisa dihandle baik logistik masih tercukupi maupun bantuan dari masyarakat juga banyak yang mengalir.