Meriahkan HUT ke-74 RI, Jalan Sehat Sembari Pungut Sampah

Kota Pekalongan – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia (RI), Kecamatan Pekalongan Barat, Kota Pekalongan menggelar Jalan Sehat Gembira dan Aksi Pungut Sampah yang diikuti oleh 200 peserta di Halaman Kantor Kecamatan Pekalongan Barat, Jumat (2/8/2019). Selain untuk berolah raga kegiatan ini juga diisi dengan pungut sampah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat agar peduli terhadap kebersihan lingkungan.

Hal ini diungkapkan Camat Pekalongan Barat, Muchamad Natsir MSi usai bernyanyi dan berjoget bersama warga. “Sambil berjalan peserta jalan sehat memungut sampah di rute jalan sehat, ini kami adakan lomba pungut sampah terbanyak dan lomba foto selfie pungut sampah. Berbagai hadiah menarik dan doorprise jalan sehat kami bagikan seperti sepeda, televisi, kipas angin, dan sebagainya,” tutur Natsir.

Natsir mengaku ingin membangkitkan jiwa nasionalisme sekaligus kepedulian warga masyarakat terhadap lingkungannya. “Memperingati HUT RI ini, mari kita peringati dengan semeriah mungkin meskipun sederhana kita buat berbagai lomba yang menarik. Kemudian, mari kita mulai menata lingkungan masing-masing, mulai dari kebersihan tembok, halaman, dan pengelolaan sampahnya,” ajak Natsir.

Natsir berpesan agar masyarakat di Kecamatan Pekalongan Barat menjadikan momen ini untuk kembali merefresh semangat dan persatuan sesuai dengan tema yang diusung yakni Siapkan Pribadi yang Unggul Menuju Inonesia Jaya.

Walikota Pekalongan, HM Saelany Machfudz SE berkesempatan membuka Jalan Sehat Gembira yamg diikuti oleh jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Cabang (Forkopimca) Kecamatan Pekalongan Barat, TP PKK kecamatan dan kelurahan, lurah se-Kecamatan Pekalongan Barat, kelompok senam kelurahan, dan masyarakat umum. 

Saelany berpesan agar masyarakat bersinergi dengan pemerintah dalam menata dan menjaga lingkungan. Semangat kemerdekaan RI juga harus senada dengan semangat dalam membangun Kota Pekalongan yang lebih baik.