SeBar_In dalam sepekan (periode 05 September - 10 September 2022)

SeBaR_in
Apa itu "SeBaR _in"
"Sebar_in" adalah akronim dari "Sepekan Barat Rahat Info" yang berupa laporan serangkaian kegiatan yang digambarkan dalam sebuah kolase foto. Kolase foto “SeBaR_in” berupa foto-foto kegiatan harian yang dilaksanakan dalam sepekan oleh Kecamatan dan Kelurahan di wilayah Kecamatan Pekalongan Barat.
"SeBaR_in" menjadi salah satu alat untuk dapat mengontrol kinerja serta mengendalikan pencapaian target kinerja yang telah ditetapkan. "SeBaR_in" juga dapat menjadi alat untuk mengevaluasi pelaksanaan kegiatan sekaligus melakukan perbaikan-perbaikan yang di perlukan dalam rangka meningkatkan kinerja pelayanan publik di wilayah Kecamatan Pekalongan Barat.
Kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan di Kecamatan dalam periode tanggal 05 September 2022 s.d 10 September 2022 yaitu:
  • Pada hari Senin tanggal 05 September 2022 melaksanakan Meeting bersama Kasi Pembangunan dan Kesmas Kelurahan. Menyampaikan Informasi untuk perubahan Draft Perwal  Pedoman Pemberian Santunan Bansos Kematian (Aturan di Perwal yg baru berlaku kalo Perwal sudah ditetapkan). Utk sementara sebelum diedarkan Perwal yg baru, ketentuannya masih mengacu pada Perwal yg lama.
  • Pada hari Selasa tanggal 06 September 2022 melaksanakan pengiriman sampah warga ke TPA Degayu. Pengiriman sampah rutin dilaksanakan setiap hari.
  • Pada hari Rabu tanggal 07 September 2022 mengikuti Rapat Koordinasi Pelaksanaan Dana Kelurahan Tahun 2022. Dihadiri oleh Inspektur Kota Pekl, Ka. BPKAD, Ka. Bappeda, Ka. DPUPR, Ka. Dinperkim, Para Camat, Kabag PBJ & Minbang dan Kabag Pemerintahan Setda. Rakor tersebut dipimpin oleh Kabag. PBJ & Minbang dan menghasilkan kesimpulan bahwa akan dibuat juknis tentang pedoman pelaksanaan Dana Kelurahan untuk tahun 2023. Bagi kegiatan yg sudah berjalan akan diusulkan tentang Legalisasi Perencanaan keg. Pembangunan Sarpras. Kegiatan bisa dilaksanakan dengan Swakelola jika kegiatan tersebut tidak diminati oleh Penyedia atau kegiatan tersebut jika dilaksanakan oleh Penyedia akan menimbulkan kerugian. Dalam hal swakelola, kelompok masyarakat yang dilibatkan merupakan masyarakat yang berdomisili di wilayah Kelurahan setempat dan secara manajerial menguasai pekerjaan. Gambar perencanaan harus ada Asistensi dan tanda tangan dari Tim/OPD Teknis dan disertai uji laboratorium.
  • Pada hari Kamis tanggal 08 September 2022 melaksanakan monitoring dan evaluasi penyaluran BLT BBM dan Sembako September 2022. Suasana penyaluran berlangsung ramai namun tetap kondusif. Pengamanan didampingi Bhabinsa dan bBbinkamtibmas setempat. Sebanyak 792 keluarga penerima manfaat rencana disalurkan pada hari ini.
  • Pada hari Jumat tanggal 09 September 2022 dilaksanakan Peningkatan Kapasitas anggota linmas Kelurahan Podosugih. Sosialisasi dihadiri oleh beberapa anggota linmas dari kelurahan podosugih. Adanya keinginan dari anggota linmas agar diperhatikan lagi terkait kejelasan keanggotaan yang terdaftar secara resmi. Jaminan kesehatan yang dibiayai oleh pemerintah ke anggota linmas belum menyeluruh. Perlu dibentuk struktur organisasi linmas agar tugas dalam kemasyarakatan lebih terarah dan bermanfaat bagi masyarakat dengan adanya satuan linmas. Linmas merupakan element pertama dalam kemasyarakatan,harapanya apabila ada terjadi bencana maupun kamtibmas agar segera berkoordinasi dengan aparat maupun lurah setempat.
  • Pada hari Sabtu tanggal 10 September 2022 melaksanakan Monev BPNT di E Warung 3 Bersaudara. Jumlah penerima manfaat sebanyak 1200 KK.
 
Sedangkan di Kelurahan Medono dalam periode yang sama yaitu: 
  • Pada hari Senin tanggal 05 September 2022 melaksanakan rakor Kasi Pembangunan dan Kesmas Kelurahan. Menyampaikan Informasi untuk perubahan Draft Perwal  Pedoman Pemberian Santunan Bansos Kematian (Aturan di Perwal yg baru berlaku kalo Perwal sudah ditetapkan). Utk sementara sebelum diedarkan Perwal yg baru, ketentuannya masih mengacu pada Perwal yg lama.
  • Pada hari Selasa tanggal 06 September 2022 Dinarpus melaksanakan pembinaan administrasi perpustakaan. Pembinaan administrasi perpustakaan serta pendataan perpustakaan berbasis wilayah Kota Pekalongan oleh Petugas Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Pekalongan.
  • Pada hari Rabu tanggal 07 September 2022 mengikuti pembukaan kegiatan pelatihan kerja kewirausahaan. Pelatihan kerja kewirausahaan Kelurahan Medono sebanyak 42 orang di Ruang Amarta Setda Kota Pekalongan pada tanggal 7 s.d. 8 September 2022 difasilitasi oleh Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kota Pekalongan. Acara tersebut dibuka secara resmi oleh Bapak Walikota Pekalongan. 
  • Pada hari Kamis 08 September 2022 melaksanakan Penyerahan Hibah Motor Viar RW XI Tahun 2022. Penyerahan Motor Viar untuk sarana prasarana kebersihan untuk RW XI Kelurahan Medono Tahun 2022 diserahkan langsung oleh Kepala DLH Kota Pekalongan dan disaksikan oleh Lurah Medono di Ruang Amarta Setda.
  • Pada hari Jumat tanggal 09 September 2022 dilaksanakan Penyaluran BLT Subsidi BBM Tahun 2022. Berdasarkan Data Kementerian Sosial RI yang dinyatakan berhak memperoleh Dana Bantuan Langsung Tunai BBM dan Program Sembako untuk Kelurahan Medono berjumlah 744 orang. Pembagian dari Kantor Pos Cabang Kota Pekalongan bertempat di Kelurahan Medono pada hari Jumat, 9 September 2022 pukul 09.00 - 11.00 dan 13.00 - 15.00 WIB.
  • Pada hari Sabtu tanggal 10 September 2022 melaksanakan Piket Pelayanan ini dihadiri 1 Struktural dan 1 staf. Dalam piket pelayanan tanggal 10 September 2022 yaitu 2 surat kematian, dan 5 SKM.
 
Adapun kegiatan yang dilaksanakan di Kelurahan Pasirkratonkramat dalam periode yang sama yaitu sebagai berikut:
  • Pada hari Senin tanggal 05 September 2022 melaksanakan Koordinasi dengan Pendamping PKH mengenai Program Kube bagi KPM PKH. KUBE dari KPM PKH dimaksudkan agar meningkatkan penghasilan dari anggotanya, sehingga dengan meningkatnya penghasilan, diharapkan KPM PKH dapat graduasim/keluar dari keanggotaan Penerima PKH dan dapat memiliki penghasilan secara mandiri.
  • Pada hari Selasa tanggal 06 September 2022 melaksanakan Perekaman e-KTP warga Disabilitas dan Lansia Lumpuh di RW 3, RW 7 dan RW 10. Perekaman KTP dilakukan oleh Petugas dari Dindukcapil Kota Pekalongan. Perekaman dilakukan secara Estafet dilakukan di RW.3 RW.7 dan RW.10.
  • Pada hari Rabu tanggal 07 September 2022 menerima e-ktp untuk warga lansia dan disabilitas yang melakukan perekaman jemput bola dan pemasangan spanduk emberitahuan Program Pendataan Rumah Lengkap dari Dinperkim di halaman Kantor Kelurahan.
  • Pada hari Kamis tanggal 08 September 2022 melaksanakan Tera Ulang timbangan pedagang. Tera ulang dilakukan di Parkiran Masjid Al Huda RW.13. Tera Ulang Timbangan Pedagang dilakukan oleh Petugas dari Dindagkop Kota Pekalongan. Kegiatan diikuti oleh para pedagang di wilayah Kelurahan Pasirkratonkramat, dan dihadiri oleh Lurah dan warga Kelurahan Pasirkratonkramat.
  • Pada hari Jumat tanggal 09 September 2022 melaksanakan Penyaluran BLT BBM dan Program Sembako dari Kantor Pos Pekalongan. Penyaluran BLT BBM dan Program Sembako dimulai Pukul 07.00 Wib sampai dengan pukul 16.00 Wib dengan undangan penerima sejumlah 1.295 Jiwa. Kegiatan dihadiri oleh Kapolres Kota Pekalongan, TKSK Kecamatan Pekalongan Barat, Serta staf Trantibum Kecamatan Pekalongan Barat
  • Pada hari Sabtu tanggal 10 September 2022 melaksanakan Monitoring e warong “Tiga Dewi” RT.02 RW.16. Monitoring penyaluran program BPNT di E Warong kepada penerima program BPNT di Kelurahan Pasirkratonkramat. Penyaluran di E warong Tiga Dewi berjalan lancar tanpa ada kendala.
 
Adapun kegiatan yang dilaksanakan di Kelurahan Bendan Kergon dalam periode yang sama yaitu:
  • Pada hari Senin tanggal 05 September 2022 melaksanakan kegiatan apel pagi rutin. Apel pagi merupakan kewajiban  bagi pegawai  sebelum melaksanakan tugas di kelurahan dan sekaligus mengecek kehadiran PNS maupun non PNS yang hadir sebagai sarana disiplin pegawai dan tanggung jawab suatu pekerjaan.
  • Pada hari Selasa tanggal 06 September 2022 melaksanakan Kegiatan Persiapan Lomba Posyandu  di Kelurahan Bendan Kergon untuk meningkatkan pengetahuan ,sikap, ketrampilan kader Posyandu dalam peningkatan gizi dan kesehatan dlm upaya meningkatkan kunjungan Balita di Posyandu.
  • Pada hari Rabu tanggal 07 September 2022 melaksanakan Sosialisasi pengenalan pembalut natural sehat dan pembagian masker waterproof ,detergent, dan sabun cuci piring gratis oleh pihak penyelenggara CV. ALIEFIA MANDIRI Jombang – JATIM .   
  • Pada hari Kamis tanggal 08 September 2022 melaksanakan Kegiatan Bantuan Sosial BLT dan Sembako bagi warga Kel. Bendan Kergon yang diberikan secara langsung kepada masyarakat agar tetap dapat memenuhi kebutuhan dasarnya /sehari-hari.   
  • Pada hari Jumat tanggal 09 September 2022 melaksanakan Pemantauan lokasi penerima bantuan BPNT (Bantuan  Pangan Non Tunai ) atau Kartu Sembako di E- Warung Bpk. DEKI di Kelurahan Bendan gg.. 2 yaitu salah satu bantuan sosial pemerintah yang masih digulirkan hingga saat ini.
  • Pada hari Sabtu tanggal 10 September 2022 melaksanakan Kegiatan pelayanan piket sabtu pagi yaitu pendaftaran nikah dgn mengurus surat pengantar RT/RW untuk di bawa ke Kelurahan ,lalu mengurus surat pengantar nikah dari kelurahan  untuk di bawa ke KUA sebagai syarat pendaftaran.
 
Sedangkan di Kelurahan Podosugih dalam periode yang sama yaitu:
  • Pada hari Senin tanggal 05 September 2022 melaksanakan Pengukuran Saluran Air di RW 05 oleh Faskel dan BKM Kelurahan Podosugih
  • Pada hari Selasa tanggal 06 September 2022 mengikuti Pengajian umum dalam memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW pembicara Ustadzah Mumpuni Handayekti di Masjid Al Muttaqien Perumahan  Podosugih
  • Pada hari Rabu tanggal 07 September 2022 melaksanakan Pertemuan Paguyuban Keluarhga Sejatera Raor KB membahas terkait Persiapan Lomba Posyandu
  • Pada hari Kamis tanggal 08 September 2022 melaksanakan Pembagian BLT BBM oleh Kantor Pos di Kelurahan Podosugih dengan sasaran sejumlah 473 orang   
  • Pada hari Jumat tanggal 09 September 2022 melaksanakan Sosialisasi peningkatan Kapasitas Anggota Limas dengan narasumber Kecamatan Pekalongan Barat dan Satpol P3KP Kota Pekalongan
  • Pada hari Sabtu tanggal 10 September 2022 melaksanakan Pelatihan Kerja Kewirausahaan oleh Dinperinaker Kota Pekalongan dengan diikuti UMKM warga Kelurahan Podosugih
 
Sementara itu di Kelurahan Pringrejo dalam periode yang sama yaitu
  • Pada hari Senin tanggal 05 September 2022 melaksanakan pengecekan lokasi yang akan dilakukan pengecoran jalan oleh Dinperkim.
  • Pada hari Selasa tanggal 06 September 2022 melaksanakan koordinasi persiapan lomba LBS dengn kader PKK di RW 11 Kelurahan Pringrejo.
  • Pada hari Rabu tanggal 07 September 2022 melaksanakan pengerukan sungai Bremi di Jl. Rindang guna persiapan memasuki musim penghujan.
  • Pada hari Kamis tanggal 08 September 2022 melaksanakan kegiatan kerja bakti. Kerja bakti dilakukan di sekitar lingkungan kantor Kelurahan Pringrejo.
  • Pada hari Jumat tanggal 09 September 2022 melaksanakan pembagian bantuan BBM dan BLT di gedung serba guna Kelurahan Pringrejo.
  • Pada hari Sabtu tanggal 10 September 2022 dilaksanakan kegiatan piket pelayanan sabtu. Jumlah dokumen terlayani yaitu 1 SKU, 1 surat kelahiran dan 2 SKTM.
 
Di Kelurahan SapuroKebulen dalam periode yang sama kegiatan yang dilaksanakan yaitu:
  • Pada hari Senin tanggal 05 September 2022 dilaksanakan kegiatan pengukuran jalan aspal di RT 04 RW 14. Pengaspalan bersumber dari anggaran dana Pokir.
  • Pada hari Selasa tanggal 06 September 2022 menerima kunjungan petugas BPS Kota Pekalongan. Kunjungan dalam rangka Regsosek tahun 2022.
  • Pada hari Rabu tanggal 07 September 2022 melaksanakan kegiatan pengarahan tim kesebelasan sebelum bertanding.
  • Pada hari Kamis tanggal 08 September 2022 review RPLP Kotaku bersama BKM dan Faskel KOTAKU.
  • Pada hari Jumat tanggal 09 September 2022 dilaksanakan koordinasi dengan paguyuban pedagang Jl. Irian terkait pekerjaan saluran.
  • Pada hari Sabtu tanggal 10 September 2022 menghadiri pertemuan rutin FKSS. Pertemuan rutin dilaksanakan di kediaman Lurah Sapurokebulen.
 
Di Kelurahan Tirto dalam periode yang sama kegiatan yang dilaksanakan yaitu:
  • Pada hari Senin tanggal 05 September 2022 mengikuti apel terpusat di Kecamatan Pekalongan Barat. Apel diikuti oleh seluruh pegawai di lingkungan Kecamatan Pekalongan Barat.
  • Pada hari Selasa tanggal 06 September 2022 dilaksanakan pemasangan spanduk pendataan rumah lengkap Kota Pekalongan Tahun 2022.
  • Pada hari Rabu tanggal 07 September 2022 melaksanakan kegiatan posyandu di RT 06 RW 03 Kel Tirto.
  • Pada hari Kamis tanggal 08 September 2022 melakukan pembagian BLT Subsidi BBM. Jumlah penerima KPM 616 dan yang mengambil sejumlah 599.         
  • Pada hari Jumat tanggal 09 September 2022 melaksanakan reorganisasi Ketua RW 05. Yang terpilih menjadi ketua RW adalah Bapak Amat Solichin.
  • Pada hari Sabtu tanggal 10 September 2022 melaksanakan penyelesaian sengketa tanah jalan setapak di RT 03 RW 05. Penyelesaian didampingi oleh Babinsa dan perangkat Kelurahan.