SeBar_In dalam sepekan Periode 26 September - 01 Oktober 2022

SeBaR_in
Apa itu "SeBaR _in"
"Sebar_in" adalah akronim dari "Sepekan Barat Rahat Info" yang berupa laporan serangkaian kegiatan yang digambarkan dalam sebuah kolase foto. Kolase foto “SeBaR_in” berupa foto-foto kegiatan harian yang dilaksanakan dalam sepekan oleh Kecamatan dan Kelurahan di wilayah Kecamatan Pekalongan Barat.
"SeBaR_in" menjadi salah satu alat untuk dapat mengontrol kinerja serta mengendalikan pencapaian target kinerja yang telah ditetapkan. "SeBaR_in" juga dapat menjadi alat untuk mengevaluasi pelaksanaan kegiatan sekaligus melakukan perbaikan-perbaikan yang di perlukan dalam rangka meningkatkan kinerja pelayanan publik di wilayah Kecamatan Pekalongan Barat.
Kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan di Kecamatan dalam periode tanggal 26 September 2022 s.d 01 Oktober 2022 yaitu:
  • Pada hari Senin tanggal 26 September 2022 melaksanakan apel rutin tiap hari Senin. Dalam apel yang dipimpin oleh Kasi PPM dan Kessos Kecamatan tersebut disampaikan terkait beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan selama seminggu kedepan. Dalam apel juga diingatkan tentang kewajiban PNS mengisi e kinerja dan atasan langsung supaya melakukan verifikasi terhadap isian e kinerja bawahannya.
  • Pada hari Selasa tanggal 27 September 2022 melaksanakan Rakor Persiapan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN). Pelaksanaan BIAN akan diselenggarakan di masing-masing kelurahan. Dinkes Kota Pekalongan akan menyebar tim untuk bertugas di masing-masing kelurahan.
  • Pada hari Rabu tanggal 28 September 2022 mengikuti Rakor Pembahasan Permohonan Penggunaan Aset Kecamatan. Rakor dilaksanakan di Ruang Sadewa Setda Kota Pekalongan. Aset ex kantor BKD di Kelurahan Podosugih belum tercatat dalam aset milik Kelurahan Podosugih sedangkan pada tahun 2022 ini mendapatkan anggaran untuk renovasi gedung. Aset tersebut supaya segera ditransfer ke Kel Podosugih supaya anggaran pemeliharaan dapat direalisasikan.
  • Pada hari Kamis tanggal 29 September 2022 melaksanakan Monitoring  dan Evaluasi Pelaksanaan Sweeping serentak Imunisasi MR th. 2022. Imunisasi dilaksanakan serentak di 7 Kelurahan se Kecamatan Pekalongan Barat. Kegiatan Imunisasi berjalan dengan aman, lancar dan kondisif. Jumlah anak yg diimunisasi sebanyak 69 anak dg perincian sbb :
  • Kel. Tirto               : 8
  • Kel. Pringrejo       : 3
  • Kel. Sabkeb         : 3
  • Kel. Medono         :13
  • Kel. PKK              :17
  • Kel. Benker          :15
  • Kel. Podosugih     :10
  • Jumlah                 : 69
  • Pada hari Jumat tanggal 30 September 2022 dilaksanakan kegiatan Rakor Posyantek Tingkat Kecamatan. Rakor diikuti oleh DPMPPA, Sekcam Pekl Barat, Kasi PPM Kesos Kec,  Lurah dan Pengurus Posyantek se Kec. Pekl.Barat. Posyantek (Pos Pelayanan Teknologi) adalah lembaga di Kecamatan yg memberikan informasi tentang TTG yg ada di wil Kec. Pekl. Brt dan bertugas utk memberikan layanan konsultasi dan pendampingan kepada masyarakat dalam penerapan TTG.  
  • Pada hari Sabtu tanggal 01 Oktober 2022 dilaksanakan piket pelayanan hari Sabtu. Dalam piket tersebut dilayani sejumlah dokumen baik melalui aplikasi Simpatikk maupun warga yang datang langsung ke Kecamatan.
 
Sedangkan di Kelurahan Medono dalam periode yang sama yaitu: 
  • Pada hari Senin tanggal 26 September 2022 mengikuti Konsultasi Publik Penyusunan RDTR Kota Pekalongan. Pemerintah Kota Pekalongan melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) menggelar kegiatan Konsultasi Publik Penyusunan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Kota Pekalongan dengan menggundang sejumlah lurah, camat, dinas hingga komunitas terkait, berlangsung di Ruang Amarta Setda Kota Pekalongan, Senin (26/9/2022). Kegiatan tersebut dibuka secara langsung oleh Walikota Pekalongan, HA Afzan Arslan Djunaid. Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) adalah rencana secara terperinci tentang rencana tata ruang wilayah kota yang dilengkapi peraturan zonasi kota. Adapun maksud dan tujuan penyusunan RDTR Kota Pekalongan ini adalah sebagai acuan penerbitan kesesuaian kegiatan pemanfaatan ruang (KKPR) dalam perizinan berusaha. KKPR diberikan sebagai kesesuaian rencana lokasi kegiatan dan/atau usaha yang sebelumnya dikenal dengan izin lokasi.
  • Pada hari Selasa tanggal 27 September 2022 melaksanakan Survei Keterkaitan Pegawai. Bapak Maryoto Lurah Medono melaksanakan Survei Keterkaitan Pegawai (Employee Engagement) sesuai Surat Edaran dari Sekretaris Daerah Nomor 060/4805  tanggal 22 September 2022. Setelah melaksanakan Survei Indeks BerAKHLAK dilanjutkan pelaksanaan Survei Keterkaitan Pegawai dengan ditunjuk sejumlah 200 ASN yang terdiri JPT-JA-JF.
  • Pada hari Rabu tanggal 28 September 2022 melaksanakan Labelisasi PKH Hari Ke-1 Tahun 2022. Berdasarkan Surat Edaran Walikota Pekalongan Nomor 460/3668 tanggal 27 Juni 2022, Kelurahan Medono melaksanakan Kegiatan Labelaisasi Rumah Keluarga Penerima Manfaat Program (KPM) Keluarga Harapan (PKH) Tahun 2022 dimulai tanggal 28 September 2022 s.d. selesai sebanyak 328 orang. Tim yang terlibat adalah dari Unsur Kelurahan, Fasilitator Kelurahan, Babinsa dan Bhabinkamtimas Kelurahan Medono.
  • Pada hari Kamis tanggal 29 September 2022 melaksanakan Sweeping Serentak Imunisasi MR. Berdasarkan Rakor persiapan pelaksanaan sweeping serentak imunisasi MR di Aula Kecamatan Pekalongan Barat. Pelaksanaan imunisasi MR ini target sasaran minimal 22 peserta di Kelurahan Medono yang dilaksanakan hari Kamis, 29 September 2022 Pukul 08.00 - 11.00 oleh Petugas UPT Puskesmas Medono. Peserta imunisasi MR diberikan bingkisan paket sembako
  • Pada hari Jumat tanggal 30 September 2022 dilaksanakan Labelisasi PKH Hari Ke-3 Tahun 2022. Kegiatan Labelisasi Rumah Keluarga Penerima Manfaat Program (KPM) Keluarga Harapan (PKH) Tahun 2022 sampai hari 3 ini tercatat sebanyak sudah dipilok sebanyak 265 dari 328 peserta tinggal progres kurang 63 peserta akan dilanjutkan hari Senin, 3 Oktober 2022. 
  • Pada hari Sabtu tanggal 01 Oktober 2022 dilaksanakan piket pelayanan hari Sabtu. Piket Pelayanan ini dihadiri 1 Struktural dan 1 staf. Dalam piket pelayanan tanggal  September 2022 yaitu 1 Surat Kelahiran, 1 Surat SKTM dan menerima tamu dari Ijin Penelitian dari SMAN 1 Pekalongan.
 
Adapun kegiatan yang dilaksanakan di Kelurahan Pasirkratonkramat dalam periode yang sama yaitu sebagai berikut:
  • Pada hari Senin tanggal 26 September 2022 melaksanakan Rapat Persiapan pelaksanaan labelisasi KPM PKH. Labelisasi KPM PKH dimulai tanggal 26 September dan ditargetkan selesai maksimal 26 Oktober 2022. Tim labelisasi KPM PKH Kelurahan Pasirkratonkramat terdiri dari 8 Tim dengan melibatkan perangkat pada Kelurahan, Bhabinkamtibmas, Babinsa,Pendamping PKH, Pendamping SLRT dan TKSK.
  • Pada hari Selasa tanggal 27 September 2022 melaksanakan Labelisasi KPM PKH. Pelaksanaan labelisasi KPM PKH dengan menggunakan penyemprotan cat pada rumah KPM PKH. Tim yang terdiri dari 8 Tim dengan masing-masing Tim berjumlah 3 orang anggota menyebar di wilayah Kelurahan pasirkratonkramat.
  • Pada hari Rabu tanggal 28 September 2022 melaksanakan Musyawarah Masyarakat Kelurahan. Musyawarah Masyarakat Kelurahan tentang pentingnya PHBS dan Imunisasi BIAN. Narasumber lurah dan kepala puskesmas Kramatsari, peserta Kader Posyandu, Ketua PKK, Ketua RW,Ketua LPM, Perwakilan BKM.
  • Pada hari Kamis tanggal 29 September 2022 melaksanakan Sweeping Serentak Imunisasi MR. Pelaksanaan sweeping serentak Imunisasi BIAN kepada 22 anak umur 9 bulan s.d 60 bulan. Pemberian sembako kepada anak-anak peserta Imunisasi BIAN. Imunisasi dilakukan oleh petugas dari Puskesmas Kramatsari.
  • Pada hari Jumat tanggal 30 September 2022 dilaksanakan Penyerahan Akte Kematian. Penyerahan Akte Kematian Peserta BPJS tanggungan Pemerintah yang telah meninggal dunia kepada Ahli waris. Dengan kegiatan ini diharapkan untuk selanjutnya warga dengan kesadaran sendiri dapat segera melaporkan anggota keluarganya terutama peserta BPJS dengan tanggungan Pemerintah yang telah meninggal agar langsung membuat akte kematian sehingga tanggungan BPJS dari peserta yang meninggal dapat segera dihentikan.
  • Pada hari Sabtu tanggal 01 Oktober 2022 dilaksanakan piket pelayanan hari Sabtu. Piket Pelayanan ini dihadiri 1 Struktural dan 1 staf. Dalam piket pelayanan tanggal  September 2022 yaitu Penjelasan kepada warga RW.4 yang menanyakan tentang kegiatan labelisasi KPM PKH, di Kelurahan Pasirkratonkramat.
 
Adapun kegiatan yang dilaksanakan di Kelurahan Bendan Kergon dalam periode yang sama yaitu:
  • Pada hari Senin tanggal 26 September 2022 melaksanakan Peninjauan lokasi perbaikan  jalan di wilayah Kel. Bendan Kergon dalam upaya perbaikan  infrastruktur jalan lingkungan.  
  • Pada hari Selasa tanggal 27 September 2022 melaksanakan Pelayanan KB Implan (susuk) merupakan salah satu pilihan kontrasepsi yang digunakan untuk mencegah kehamilan di lokasi RT.02 RW. 11 di RB Bhakti Ibu Kel. Bendan Kergon.  
  • Pada hari Rabu tanggal 28 September 2022 melaksanakan Kegiatan pertemuan monitoring FKSS rutin tiap bulan berbasis masyarakat meliputi pematauan penyakit,kesehatan ibu dan anak, lingkungan dan prilaku.
  • Pada hari Kamis tanggal 29 September 2022 melaksanakan Sweeping Serentak Imunisasi MR. Program Bulan Imunisasi Anak  Nasional (BIAN) melindungi  anak dari penyakit yg dapat di cegah dengan Imunisasi
  • Pada hari Jumat tanggal 30 September 2022 dilaksanakan Penyerahan Kegiatan  bantuan sosial diberikan Pemerintah lewat Kementerian sosial kepada masyarakat  lansia dan penyandang disabilitas
  • Pada hari Sabtu tanggal 01 Oktober 2022 dilaksanakan piket pelayanan hari Sabtu. Piket Pelayanan Masyarakat  hari Sabtu  kedatangan  Siswa SMAN 1 Pekalongan meminta  informasi terkait kegiatan dan biodata kelurahan sebagai bahan pembuatan makalah di sekolah sebagai penunjang studinya.
 
Sedangkan di Kelurahan Podosugih dalam periode yang sama yaitu:
  • Pada hari Senin tanggal 26 September 2022 melaksanakan Rapat Koordinasi dengan Dinsos P2KB, Babinsa, Babinkamtibnas terkait teknis Labelisasi PKH di Kelurahan Podosugih Kota Pekalongan  
  • Pada hari Selasa tanggal 27 September 2022 melaksanakan Pendampingan pengisian Data Dasa Wisma dan Peninjauan Kawasan Rumah Pangan Lestari "Subur Barokah" di RW I Kelurahan Podosugih guna persiapan Lomba Bersih dan Sehat.
  • Pada hari Rabu tanggal 28 September 2022 melaksanakan Pemberian Bantuan Sosial Kematian bagi Warga Kelurahan Podosugih bulan Juli dan Agustus tahun 2022
  • Pada hari Kamis tanggal 29 September 2022 melaksanakan Sweeping Serentak Imunisasi MR. Puskesmas Bendan dan Kelurahan Podosugih bersinergi melaksanakan Vaksinasi BIAN bagi anak yang belum melaksanakan Vaksianasi
  • Pada hari Jumat tanggal 30 September 2022 dilaksanakan Penyerahan Pemberian Bantuan Sosial berupa Sembako bagi Warga Lanjut Usia dan Disabilitas Kelurahan Podosugih
  • Pada hari Sabtu tanggal 01 Oktober 2022 dilaksanakan Pertemuan Koordinasi RT dan RW Kelurahan Podosugih membahas terkait kegiatan yang akan dilaksananakan dan pembagian Banpot RT dan RW.
 
Sementara itu di Kelurahan Pringrejo dalam periode yang sama yaitu
  • Pada hari Senin tanggal 26 September 2022 melaksanakan melaksanakan apel rutin tiap hari Senin. Dalam apel juga diingatkan tentang kewajiban PNS mengisi e kinerja dan atasan langsung supaya melakukan verifikasi terhadap isian e kinerja bawahannya.  
  • Pada hari Selasa tanggal 27 September 2022 melaksanakan Labelisasi KPM PKH. Pelaksanaan labelisasi KPM PKH dengan menggunakan penyemprotan cat pada rumah KPM PKH. Tim yang terdiri dari 8 Tim dengan masing-masing Tim berjumlah 3 orang anggota menyebar di wilayah Kelurahan.
  • Pada hari Rabu tanggal 28 September 2022 melaksanakan Kegiatan pertemuan monitoring FKSS rutin tiap bulan berbasis masyarakat meliputi pematauan penyakit,kesehatan ibu dan anak, lingkungan dan prilaku.
  • Pada hari Kamis tanggal 29 September 2022 melaksanakan Penyerahan Pemberian Bantuan Sosial berupa Sembako bagi Warga Lanjut Usia dan Disabilitas Kelurahan Pringrejo.
  • Pada hari Jumat tanggal 30 September 2022 melaksanakan Sweeping Serentak Imunisasi MR. Puskesmas Bendan dan Kelurahan Pringrejo bersinergi melaksanakan Vaksinasi BIAN bagi anak yang belum melaksanakan Vaksinasi.
  • Pada hari Sabtu tanggal 01 Oktober 2022 dilaksanakan piket pelayanan hari Sabtu. Dalam piket pelayanan tanggal  September 2022 yaitu 2 KTP, 2 KK, 1 SKU dan 1 surat kelahiran.
 
Di Kelurahan SapuroKebulen dalam periode yang sama kegiatan yang dilaksanakan yaitu:
  • Pada hari Senin tanggal 26 September 2022 melaksanakan pendampingan Bunda PAUD. Pendampingan dalam rangka akreditasi PAUD Mawar.  
  • Pada hari Selasa tanggal 27 September 2022 melaksanakan pertemuan dengan LKK. Rakor membahas pelaksanaan lomba laying-layang.
  • Pada hari Rabu tanggal 28 September 2022 melaksanakan penyerahan bansos kematian. Bansos diberikan kepada warga yang tidak mampu.
  • Pada hari Kamis tanggal 29 September 2022 melaksanakan kegiatan Gertak PSN. Kegaiatan Gertak PSN dilaksanakan dengan FKSS.
  • Pada hari Jumat tanggal 30 September 2022 melaksanakan pelamtikan pengurus NU. Pengurus NU yang dilantik yaitu pengurus NU Ranting Kebulen.
  • Pada hari Sabtu tanggal 01 Oktober 2022 dilaksanakan pertemuan rutin FKSS.
 
Di Kelurahan Tirto dalam periode yang sama kegiatan yang dilaksanakan yaitu:
  • Pada hari Senin tanggal 26 September 2022 melaksanakan Rapat Koordinasi dengan Dinsos P2KB, Babinsa, Babinkamtibnas terkait teknis Labelisasi PKH di Kelurahan Tirto Kota Pekalongan
  • Pada hari Selasa tanggal 27 September 2022 melaksanakan rakor perunahan lokasi jalan cor. Lokasi pengecoran jalan di wilayah RW 01. Rakor diikuti oleh LKK dan Kelurahan Tirto.
  • Pada hari Rabu tanggal 28 September 2022 melaksanakan penyerahan bansos kematian. Bansos diberikan kepada warga yang tidak mampu.
  • Pada hari Kamis tanggal 29 September 2022 melaksanakan Sweeping Serentak Imunisasi MR. Puskesmas Tirto dan Kelurahan Tirto bersinergi melaksanakan Vaksinasi BIAN bagi anak yang belum melaksanakan Vaksianasi
  • Pada hari Jumat tanggal 30 September 2022 dilaksanakan melaksanakan monev pembangunan poskamling.
  • Pada hari Sabtu tanggal 01 Oktober 2022 melaksanakan piket pelayanan masyarakat di hari Sabtu.