Sepekan Barat Rahat Periode 11 Juli 2022 - 16 Juli 2022

"Sebar_in" adalah akronim dari "Sepekan Barat Rahat Info" yang berupa laporan serangkaian kegiatan yang digambarkan dalam sebuah kolase foto. Kolase foto “SeBaR_in” berupa foto-foto kegiatan harian yang dilaksanakan dalam sepekan oleh Kecamatan dan Kelurahan di wilayah Kecamatan Pekalongan Barat.
"SeBaR_in" menjadi salah satu alat untuk dapat mengontrol kinerja serta mengendalikan pencapaian target kinerja yang telah ditetapkan. "SeBaR_in" juga dapat menjadi alat untuk mengevaluasi pelaksanaan kegiatan sekaligus melakukan perbaikan-perbaikan yang di perlukan dalam rangka meningkatkan kinerja pelayanan publik di wilayah Kecamatan Pekalongan Barat.
Kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan di Kecamatan dalam periode tanggal 11 Juli 2022 s.d 16 Juli 2022 yaitu:
  • Pada hari Senin tanggal 11 Juli 2022 dilaksanakan Monitoring kegiatan Vaksinasi. Vaksinasi dilaksanakan di Lapangan Peturen Tirto dan Mushola miftahul janah RT 04 RW 08 Kelurahan Pasirkratonkramat. Vaksin yang digunakan jenis Pfizer. Dengan hasil Hadir : 20, jumlah tervaksin 20 orang terdiri dari 2 orang dosis 1 dan 18 orang dosis 3.
  • Pada hari Selasa tanggal 12 Juli 2022 dilaksanakan Paparan Laporan Antara Penyusunan RDTR Kec. Pekalongan Barat bertempat di Ruang Jetayu Setda Kota Pekalongan. Rapat dihadiri oleh DPU-PR, DLH, Dishub, Dinperinaker, Bappeda, DPM-PTSP, Diskominfo, Dindagkop UKM, Dinperkim, Dinperpa, DPPK, Lurah se Kec.Pekalongan Barat. Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) adalah rencana secara terperinci ttg tata ruang wilayah kab/kota yg dilengkapi dg peraruran zonasi kab/kota. Manfaat RDTR : sebagai acuan perwujudan kriteria teknis ruang dan sbg acuan penerbitan konfirmasi KKPR. Dalam sistem pusat kegiatan, Kec. Pekalongan Barat berperan sebagai PPK  (Pusat Pelayanan Kawasan) : Kel. Bendan Kergon dan SPPK : Kel. Tirto. Kec. Pekalongan Barat sementara ditetapkan sebagai Pelayanan Lingkungan (PL).
  • Pada hari Rabu tanggal 13 Juli 2022 dilaksanakan Monitoring kegiatan Vaksinasi. Vaksinasi dilaksanakan di Rumah Bp Busnul RT 03 RW 14 Kel Sapurokebulen dan Masjid Achmad Alf Arslan RT 02 RW 08 Kel Tirto. Vaksin yang digunakan jenis Pfizer. Dengan hasil Hadir : 28, jumlah tervaksin 27 orang terdiri dari 5 orang dosis 1, 3 orang dosis 2 dan 19 orang dosis 3. Sementara 1 orang tertunda.
  • Pada hari Kamis tanggal 14 Juli 2022 dilaksanakan Monitoring kegiatan Vaksinasi. Vaksinasi dilaksanakan di Rumah warga ibu Devi RT 04 RW 14 Kel. Sapurokebulen dan Rumah Bapak Dion Kel. Medono. Vaksin yang digunakan jenis Pfizer. Dengan hasil Hadir : 36, jumlah tervaksin 36 orang yang semuanya dosis 3.
  • Pada hari Jumat tanggal 15 Juli 2022 dilaksanakan  Kegiatan Padat Karya Kampung Wisata dan Gerakan BISA (Bersih, Indah, Sehat, Aman). Berlokasi di Makam Wisata Religi Sapuro Kebulen. Dihadiri Kepala Dinas Pariwisata, Camat Pekalonga Barat  Babinkamtibmas, dan tokoh masyarakat. Kegiatan kerja bakti Bersih bersih dan pengecatan tembok sekitar Makam Sapuro Kebulen.
  • Pada hari Sabtu tanggal 16 Juli 2022 dilaksanakan piket pelayanan hari Sabtu. Hasilnya adalah Pelayanan Simpatikk sebanyak 5 dokumen dan pelayanan langsung ke masyarakat sebanyak 2 layanan yang meliputi pengajuan KTP baru sejumlah 1 dan legalisasi Surat Keterangan Penghasilan sejumlah 1.
 
Sedangkan di Kelurahan Medono dalam periode yang sama yaitu: 
  • Pada hari Senin tanggal 11 Juli 2022 dilaksanakan Staf Meeting Kelurahan Medono. Dalam meningkatkan evaluasi kegiatan dan serta implementasi kegiatan kelurahan medono menyelenggarakan staff meeting di pimpin langsung oleh Bapak Maryoto Lurah Medono Kec. Pekalongan Barat. Kegiatan tersebut mengevaluasi kegiatan semester pertama dan kegiatan bulan juli dan agustus 2022.
  • Pada hari Selasa tanggal 12 Juli 2022 mengikuti kegiatan Penarikan KKN Unikal di Batang. Kegiatan Penarikan KKN PPM dengan Tema "Ekonomi Bangkit, Kesehatan Paripurna, Generasi Tangguh Periode II tahun akademik 2021/2022 Universitas Pekalongan di Aula Pendopo Kab. Batang
  • Pada hari Rabu tanggal 13 Juli 2022 dilaksanakan kegiatan Mediasi Sertifikat Tanah. Lurah Medono menfasilitasi mediasi warga terkait sertifikat hak milik tanah. Mediasi berjalan dengan lancar dan membuahkan hasil kesepakatan secara musyawarah keluarga.
  • Pada hari Kamis tanggal 14 Juli 2022 melaksanakan kegiatan Kelas Ibu Balita Stunting. Kelurahan Medono menyelenggarakan Kelas Ibu Balita Stunting tanggal 13 - 14 Juli 2022. Sosialisasi dan praktek cara membuat menu tambahan anak usia balita dengan narasumber dari Dindik, Puskesmas Medono dan Tim PKK Kelurahan Medono.
  • Pada hari Jumat tanggal 15 Juli 2022 dilaksanakan Fasilitasi Truck Kegiatan Linmas. Fasilitasi truck dari Brimob Pekalongan untuk kegiatan rakor dan pemberdayaan linmas Kelurahan Medono yang akan dilaksanakan pada hari Jumat, 22 Juli 2022.
  • Pada hari Sabtu tanggal 16 Juli 2022 dilaksanakan Piket Pelayanan. Dengan hasil Pelayanan SKCK sebanyak 1 orang, KIP sebanyak 1 orang, surat kelahiran baru sebanyak 1 orang, surat kelahiran lama sebanyak 1 orang dan undangan pendidikan lansia.
 
Adapun kegiatan yang dilaksanakan di Kelurahan Pasirkratonkramat dalam periode yang sama yaitu sebagai berikut:
  • Pada hari Senin tanggal 11 Juli 2022 dilaksanakan kegiatan Sweeping Vaksinasi covid-19 di Musholla Miftakhul Janah RT 04 RW 08. Dengan jenis vaksin yang di gunakan yaitu Astrazeneca dengan hasil 20 orang tervaksin. Dosis 1 sebanyak 1 orang dan dosis 3 sebanyak 19 orang.
  • Pada hari Selasa tanggal 12 Juli 2022 dilaksanakan kegiatan koordinasi persiapan lomba kelurahan terbersih. Koordinasi dilakukan di Rumah Bapak Catur Ketua RW.17. Koordinasi di rumah Ketua RW. 17 dihadiri juga Ketua RT di lingkungan RW.17. Ketua RW.17 dan ketua RT se RW. 17 siap memberikan dukungan pada kegiatan lomba kelurahan terbersih.
  • Pada hari Rabu tanggal 13 Juli 2022 dilaksanakan kegiatan Rapat Koordinasi LPM bertempat di Rumah Bapak Tohirin RT.02 RW.08. Rapat membahas kegiatan-kegiatan LPM tahun 2022 dan membahas persiapan monev / kunjungan yang akan dilakukan oleh DPMPPA.
  • Pada hari Kamis tanggal 14 Juli 2022 dilaksanakan kegiatan Kelas Praktek Ibu dengan Balita Stunting. Narasumber dari Dindik, Dinsos , Dinkes dan Puskesmas Kramatsari dengan materi tumbuh kembang anak. Jumlah peserta 20 orang Ibu dan Balita, dengan kategori Ibu dan balita dengan kategori Balita Gizi kurang.
  • Pada hari Jumat tanggal 15 Juli 2022 dilaksanakan kegiatan Kerja Bakti di halaman Kantor Kelurahan. Kerja Bakti dilakukan dihalaman kantor Kelurahan dengan pekerjaan membersihkan sampah dan rumput serta merapikan tanaman dan pot tanaman. Kerja bakti diikuti oleh seluruh perangkat Kelurahan.
  • Pada hari Sabtu tanggal 16 Juli 2022 dilaksanakan kegiatan Rakor persiapan lomba kelurahan terbersih, lomba hatinya PKK dan lomba seketeng tahun 2022. Peserta rapat Ketua RW.17, Ketua RW.18 beserta ketua RT di RW 17 dan 18 , Ketua TP.PKK Kelurahan dan Kader PKK. Ketua RW. 17 dan Ketua RW.18 siap memberikan dukungan dalam lomba kelurahan terbersih, lomba hatinya PKK ataupun lomba seketeng tahun 2022.
 
Adapun kegiatan yang dilaksanakan di Kelurahan Bendan Kergon dalam periode yang sama yaitu:
 
  • Pada hari Senin tanggal 11 Juli 2022 dilaksanakan Pengarahan lurah terkait kegiatan KKN UNIKAL Periode II TH. 2022 Penyelenggaraan Pendidikan dlm bentuk kegiatan Lapangan pengalaman ilmu,teknologi mutu,tata boga,kesehatan dan seni dengan system pendekatan terhadap masyarakat.
  • Pada hari Selasa tanggal 12 Juli 2022 dilaksanakan Kegiatan Kegiatan GERMAS & PolkesMar Pemberdayaan masyarakat mewujudkan keberhasilan pemberian ASI Eksklusif yaitu ASI Yg di berikan pada bayi sejak lahir selama 6 Bulan dlm rangka pencegahan stunting di Kel. Bendan Kergon
  • Pada hari Rabu tanggal 13 Juli 2022 dilaksanakan Kegiatan Vaksinasi di RT.4 RW.8 ( Paud Mawar) dan RW.16 Kel. Bendan Kergon untuk memutuskan rantai penularan COVID-19 dan meningkatkan imunitas tubuh dalam melawan virus Corona  
  • Pada hari Kamis tanggal 14 Juli 2022 dilaksanakan Kegiatan Posbindu (Pos binaan terpadu) dan Sweeping Vaksin di RW.III merupakan peran serta masyarakat dlm rangka melakukan kegiatan deteksi dini dan pemantauan factor resiko penyakit / Cek Kesehatan yg dilaksanakan secara terpadu
  • Pada hari Jumat tanggal 15 Juli 2022 dilaksanakan kegiatan mendampingi warga waktu ijab qobul yaitu ucapan yg dianggap sakral dalam setiap prosesi akad nikah karena dapat menghalalkan hubungan laki-laki dan perempuan. Sebagai peran serta pelayanan kelurahan terhadap masyarakat.  
  • Pada hari Sabtu tanggal 16 Juli 2022 dilaksanakan Piket Pelayanan Masyarakat hari Sabtu Pagi bukan hanya petugas jaga namun petugas yang dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat seperti hari- hari biasa.
 
Sedangkan di Kelurahan Podosugih dalam periode yang sama yaitu
  • Pada hari Senin tanggal 11 Juli 2022 dilaksanakan Apel Pagi di Kelurahan Podosugih hadir 10 orang dan ijin tidak masuk 1 orang
  • Pada hari Selasa tanggal 12 Juli 2022 dilaksanakan Koordinasi dengan Puskesmas Bendan terkait Monitoring Pasien Kusta di Kelurahan Podosugih dan kelengkapan administrasi
  • Pada hari Rabu tanggal 13 Juli 2022 dilaksanakan kegiatan Pendampingan Anak yang Memerlukan Perlindungan Khusus dengan Indikasi Penelantaran ke Panti Pelayanan Sosial Anak "Mandiri" Semarang
  • Pada hari Kamis tanggal 14 Juli 2022 dilaksanakan kegiatan Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di RT.05 dan RT06 RW.1 yang divaksin 18 orang dengan Dosis 1 @1 orang, Dosis 2 @ 2 orang dan Dosis 3 @ 15 orang dengan Vaksin Astrazeneta
  • Pada hari Jumat tanggal 15 Juli 2022 dilaksanakan Kerja Bakti di Lingkungan Kelurahan Podosugih guna Persiapan Lomba Kebersihan tingkat Kota Pekalongan
  • Pada hari Sabtu tanggal 16 Juli 2022 dilaksanakan kegiatan Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di RT.01 RW.4 yang divaksin 27 orang dengan Dosis 1 @2 orang, Dosis 2 @1 orang dan Dosis 3 @27 orang dengan Vaksin Astrazeneta
 
Sementara itu di Kelurahan Pringrejo dalam periode yang sama yaitu
  • Pada hari Senin tanggal 11 Juli 2022 dilaksanakan kegiatan sweeping vaksinasi di kelurahan Pringrejo. Sweeping dilaksanakan di RT 01 RW 05 dengan jumlah jumlah tervaksin 17 orang dan 1 orang tertunda. Jenis vaksin Pfizer dosis 1,2 dan 3.
  • Pada hari Selasa tanggal 12   Juli 2022 dilaksanakan kegiatan rapat persiapan lomba PHBS (Prilaku Hidup Bersih dan Sehat). Rapat dilakukan dengan warga RT 05 RW 13.
  • Pada hari Rabu tanggal 13 Juli 2022 dilaksanakan kegiatan kelas ibu balita stunting. Materi yang diajarkan yaitu materi parenting, tumbuh kembang anak dan cara pembuatan makanan begizi yang terjangkau.
  • Pada hari Kamis tanggal 14 Juli 2022 dilaksanakan kegiatan rapat koordinasi persiapan lomba PHBS (Prilaku Hidup Bersih dan Sehat). Rapat dihadiri oleh Camat Pekalongan Barat dan Ketua TP PKK Kecamatan Pekalongan Barat.
  • Pada hari Jumat tanggal 15 Juli 2022 dilaksanakan kegiatan kerja bakti. Kerja bakti di lingkungan RT 05 RW 13 untuk mengikuti lomba PHBS.
  • Pada hari Sabtu tanggal 16 Juli 2022 dilaksanakan rapat persiapan lomba kelurahan terbersih dan lomba seketeng. Rapat dihadiri oleh perwakilan warga RW 15.
 
Di Kelurahan SapuroKebulen dalam periode yang sama kegiatan yang dilaksanakan yaitu
  • Pada hari Senin tanggal 11 Juli 2022 dilaksanakan kegiatan apel pagi rutin tiap hari Senin. Apel diikuti oleh seluruh pegawai di Kelurahan Sapuro Kebulen.
  • Pada hari Selasa tanggal 12 Juli 2022 dilaksanakan kegiatan rakor bersama dengan BKM Kel. Sapuro Kebulen. Rakor dilaksanakan di kantor eks Kel. Sapuro. Rakor membahas kegiatan yang akan dilaksanakan semester 2 tahun 2022.
  • Pada hari Rabu tanggal 13 Juli 2022 dilaksanakan rembug warga dan pengurus musola Al Ma’sum.
  • Pada hari Kamis tanggal 14 Juli 2022 dilaksanakan kegiatan rembug warga RW 06. Rembug warga untuk membahas kegiatan 17 Agustus 2022.
  • Pada hari Jumat tanggal 15 Juli 2022 dilaksanakan kegiatan pencanangan kampung wisata dan gerakan BISA.
  • Pada hari Sabtu tanggal 16 Juli 2022 dilaksanakan kegiatan vaksinasi covid 19 di RT 01 RW 03.
 
Di Kelurahan Tirto dalam periode yang sama kegiatan yang dilaksanakan yaitu:
  • Pada hari Senin tanggal 11 Juli 2022 dilaksanakan kegiatan Pemutakhiran Data Kematian BPJS Kota Pekalongan. Kegiatan berlangsung di BPJS Ketenagakerjaan Kota Pekalongan.
  • Pada hari Selasa tanggal 12 Juli 2022 dilakukan kegiatan Sweeping vaksinasi covid-19 di Posyandu Dahlia RT. 01 RW. 01 Kel. Tirto. Dengan jenis vaksin yang di gunakan yaitu Astrazeneca dengan hasil 16 orang tervaksin.
  • Pada hari Rabu tanggal 13 Juli 2022 dilakukan Sweeping Vaksinasi covid-19 di Masjid Alf Arslan Djunaed RT. 05 RW. 08 Kel. Tirto.  Dengan jenis vaksin yang di gunakan yaitu Astrazeneca dengan hasil 14 orang tervaksin.
  • Pada hari Kamis tanggal 14 Juli 2022 dilaksanakan kegiatan Sweeping Vaksinasi Vovid 19 di Mushola Al Barokah RT. 04 RW. 05 Kel Tirto. Dengan jenis vaksin yang di gunakan yaitu Astrazeneca dengan hasil 16 orang tervaksin.
  • Pada hari Jumat tanggal 15 Juli 2022 dilaksanakan kegiatan Reorganisasi Ketua RT 03 RW. 08. Yang menjadi Ketua RT. 03 RW. 08 adalah Bapak Slamet.
  • Dan pada hari Sabtu tanggal 16 Juli 2022 dilaksanakan kegiatan Sweeping Vaksinasi Covid -19. Dengan jenis vaksin yang di gunakan yaitu Astrazeneca dengan hasil 16 orang tervaksin.