Sepekan Barat Rahat Periode 22 Agustus 2022 - 27 Agustus 2022

"Sebar_in" adalah akronim dari "Sepekan Barat Rahat Info" yang berupa laporan serangkaian kegiatan yang digambarkan dalam sebuah kolase foto. Kolase foto “SeBaR_in” berupa foto-foto kegiatan harian yang dilaksanakan dalam sepekan oleh Kecamatan dan Kelurahan di wilayah Kecamatan Pekalongan Barat.
"SeBaR_in" menjadi salah satu alat untuk dapat mengontrol kinerja serta mengendalikan pencapaian target kinerja yang telah ditetapkan. "SeBaR_in" juga dapat menjadi alat untuk mengevaluasi pelaksanaan kegiatan sekaligus melakukan perbaikan-perbaikan yang di perlukan dalam rangka meningkatkan kinerja pelayanan publik di wilayah Kecamatan Pekalongan Barat.
Kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan di Kecamatan dalam periode tanggal 22 Agustus 2022 s.d 27 Agustus 2022 yaitu:
  • Pada hari Senin tanggal 22 Agustus 2022 melaksanakan monitoring persiapan lomba Beberan PKK di Kel. Medono. Kec Pekalongan Barat diwakili oleh Kel Medono dan Kel Pasirkratonkramat. Lomba Beberan akan dilaksanakan pada tanggal 23 Agustus 2022.
  • Pada hari Selasa tanggal 23 Agustus 2022 TP PKK Kelurahan Medono dan Kelurahan Pasirkratonkramat mewakili TP. PKK Kecamatan Pekalongan Barat mengikuti Lomba Beberan. Simulasi Pola Asuh Anak dan Remaja Tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Pokja I TP PKK Kota Pekalongan di Aula PKK Kota Pekalongan.
  • Pada hari Rabu tanggal 24 Agustus 2022 dilaksanakan Mini Lokakarya Stunting Tingkat Kecamatan Pekalongan Barat. Tim Pendamping Keluarga adalah sekelompok tenaga yang terdiri dari Bidan, Kader TP PKK dan Kader KB yang melaksanakan pendampingan kepada Calon Pengantin / Calon Pasangan Usia Subur, keluarga dan keluarga yang berisiko Stunting yang meliputi penyuluhan, fasilitasi pelayanan rujukan dan fasilitasi penerimaan program. Satu tim terdiri dari bidan, kader PKK dan kader keluarga berencana langsung mendata sekaligus memberikan penyuluhan dan sosialisasi kepada keluarga yang didatangi. Sebagai upaya pencegahan stunting dan penurunan angka stunting, Pemerintah melalui Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) meluncurkan aplikasi Elsimil yaitu kepanjangan dari Elektronik Siap nikah dan siap hamil. Tujuannya untuk mencegah stunting pada anak dengan cara mengedukasi remaja mengenai bahaya stunting.
  • Pada hari Kamis tanggal 25 Agustus 2022 melaksanakan pengamanan pesta rakyat BATARA. Pengamanan untuk memastikan kondisi di pesta rakyat berlangsung aman dan kondusif. Pengamanan bekerjasama dengan Babinsa dan Babinkamtibmas Kec Pekalongan Barat.
  • Pada hari Jumat tanggal 26 Agustus 2022 Ceremonial Opening Khitan massal diselenggarakan pada hari Jumat, 26 Agustus 2022 oleh Sahabat Sejati Kota Pekalongan. Diikuti oleh 10 anak tidak mampu/ yatim piatu yang berdomisili di wilayah Kota Pekalongan dengan didampingi orang tua  masing-masing. Dalam acara seremonial tersebut telah diserahkan secara simbolis bingkisan dan uang saku untuk peserta khitan oleh Camat Pekalongan Barat yang dalam hal ini diwakili oleh Kasi  PPM Kesos Kec. Pekalongan Barat.
  • Pada hari Sabtu tanggal 27 Agustus 2022 melaksanakan pengamanan pesta rakyat BATARA. Pengamanan untuk memastikan kondisi di pesta rakyat berlangsung aman dan kondusif. Pengamanan bekerjasama dengan Babinsa dan Babinkamtibmas Kec Pekalongan Barat. Selama pelaksanaan kegiatan pesta rakyat BATARA berlangsung aman dan kondusif.
 
Sedangkan di Kelurahan Medono dalam periode yang sama yaitu: 
  • Pada hari Senin tanggal 22 Agustus 2022 dilaksanakan Santunan Anak Yatim/Piatu. Menindak lanjuti pendataan anak yatim/piatu yang orang tuanya meninggal karena covid-19 yang dilakukan oleh pemerintah, TP PKK Kota Pekalongan bersinergi dengan DP3AP2KB Provinsi Jawa Tengah, DPMPPA Kota Pekalongan, DWP dan Baznas Kota Pekalongan menyerahkan bantuan ketiga keluarga Pringrejo, Medono dan Setono. Muharrom Fatihaturrisqi Siswa Kelas 12 di SMKN 4 Pekalongan yang diasuh oleh Keluarga Karebet Jl. Karya Bahakti Gg 5 RT 007 RW 04 Medono.
  • Pada hari Selasa tanggal 23 Agustus 2022 TP PKK Kelurahan Medono dan Kelurahan Pasirkratonkramat mewakili TP. PKK Kecamatan Pekalongan Barat mengikuti Lomba Beberan. Simulasi Pola Asuh Anak dan Remaja Tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Pokja I TP PKK Kota Pekalongan di Aula PKK Kota Pekalongan.
  • Pada hari Rabu tanggal 24 Agustus 2022 mengikuti Upacara Penutupan Program TMMD Sengkuyung Tahap II TA 2022 di Kelurahan Poncol Kecamatan Pekalongan. Sasaran fisik dan non fisik selesai 100%. Upacara tersebut dilaksanakan di Lapangan Asparagas Poncol.  
  • Pada hari Kamis 25 Agustus 2022 melakukan Penyaluran Bansos Kematian Periode Juni 2022 untuk Kelurahan Medono mengajukan 5 orang.
  • Pada hari Jumat tanggal 26 Agustus 2022 UPT Puskesmas Medono menyelenggarakan Kelas Ibu Hamil di Ruang Pertemuan Kelurahan Medono. Para ibu hamil diberikan materi tentang cara-cara menjaga kesehatan serta senam ibu hamil.
  • Pada hari Sabtu tanggal 27 Agustus 2022 melaksanakan Piket Pelayanan ini dihadiri 1 Struktural dan 1 staf. Dalam piket pelayanan tanggal 27 Agustus 2022 yaitu 1 surat linmas, 2 SKU, dan 2 SK Takmir Mushola.
 
Adapun kegiatan yang dilaksanakan di Kelurahan Pasirkratonkramat dalam periode yang sama yaitu sebagai berikut:
  • Pada hari Senin tanggal 22 Agustus 2022 dilaksanakan kegiatan Sosialisasi PHBS. Sosialisasi menghadirkan Narasumber dr. Winarsih (Kepala Puskesmas Kramatsari) dan dr. Ahmad Ismail (Kepala BPSJ = Balai Pelayanan dan saintifikasi Jamu). Sosialisasi diikuti oleh  Ketua RW, Ketua LPM, Ketua Karang Taruna, Sekretaris BKM, Ketua TP.PKK, Babinsa dan Bhabinkamtibmas.
  • Pada hari Selasa tanggal 23 Agustus 2022 memasang spanduk “larangan pengambilan tanah Urugan” di Tanah Eks Kolam Renang Tirta Sari. Pemasangan larangan dilakukan oleh petugas dari BPKAD Kota Pekalongan.
  • Pada hari Rabu tanggal 24 Agustus 2022 dilakukan penutupan dan pemberian piala kepada pemenang kompetisi sepakbola “Taruna Championship” TK. Kelurahan Pasirkratonkramat.
  • Pada hari Kamis tanggal 25 Agustus 2022 dilaksanakan kegiatan pemberian santunan kematian. Penerima santunan kematian sejumlah 7 (tujuh) orang.
  • Pada hari Jumat tanggal 26 Agustus 2022 dilaksanakan kegiatan Posyandu remaja yang dilaksanakan rutin sebulan sekali setiap Jum’at akhir bulan diikuti oleh remaja se Kelurahan Pasirkratonkramat. Petugas pemeriksa dalam kegiatan Posyandu Remaja dari Puskesmas Kramatsari.
  • Pada hari Sabtu tanggal 27 Agustus 2022 dilaksanakan kegiatan Jalan Sehat dalam rangka Semarak kemerdekaan. Kegiatan diawali dengan senam bersama, kemudian dilanjut jalan sehat yang di lepas oleh Bapak Camat Pekalongan Barat. Pemberian doorprize sebagai hiburan kepada peserta jalan sehat kepada nomor undian sesuai nomor absensi yang terambil. Peserta jalan sehat adalah LKK se kelurahan Pasirkratonkramat
 
Adapun kegiatan yang dilaksanakan di Kelurahan Bendan Kergon dalam periode yang sama yaitu:
  • Pada hari Senin tanggal 22 Agustus 2022 dilaksanakan apel pagi rutin tiap Senin. Apel pagi kelurahan merupakan kewajiban bagi pegawai dan   mempunyai tujuan agar dapat memberikan sebuah arahan dari pimpinan pada saat sebelum melakukan sebuah pekerjaan.
  • Pada hari Selasa tanggal 23 Agustus 2022 dilaksanakan  Pembinaan dan Pengarahan  dari Pak lurah sebagai sarana untuk mengevaluasi berbagai hal kegiatan di RT/RW agar dalam pelaksanaanya dapat berjalan dengan baik di lingkungan masyarakat.
  • Pada hari Rabu tanggal 24 Agustus 2022 Kegiatan pelayanan permohonan surat pengantar akta nikah (pernikahan)  bagi warga untuk keperluan di KUA agar tercatat dan memiliki kekuatan hukum yang sah.  
  • Pada hari Kamis tanggal 25 Agustus 2022 dilaksanakan Kegiatan FKSS  kelas Ibu Hamil  yaitu  kegiatan
  • penyuluhan kesehatan bagi ibu hamil dan anak untuk meningkatkan pengetahuan dalam hal perubahan sikap dan prilaku tentang kehamilan, perubahan tubuh serta keluhan selama kehamilan ( perawatan,persalinan,dan perawatan bayi baru lahir).
  • Pada hari Jumat tanggal 26 Agustus 2022 dilaksanakan Kegiatan Kegiatan Workshop Literasi digital menjaga keselamatan anak di dunia maya diawali dengan perhatian dan menumbuhkan komunikasi efektif anatara orang tua dan anak menayakan kegiatan anak, memberi pemahaman penggunaan internet dan sebagainya.
  • Pada hari Sabtu tanggal 27 Agustus 2022 dilaksanakan kegiatan Piket Pelayanan Masyarakat  hari Sabtu Pagi bukan hanya petugas jaga namun petugas yang dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat seperti hari- hari biasa.
 
Sedangkan di Kelurahan Podosugih dalam periode yang sama yaitu
  • Pada hari Senin tanggal 22 Agustus 2022 dilaksanakan Apel Pagi di Kelurahan Podosugih hadir 10 orang dan ijin terlanbat 1 orang
  • Pada hari Selasa tanggal 23 Agustus 2022 dilaksanakan Mengapreasi kreatifias, Kelurahan Podosugih memberikan hadiah bagi pemenang Lomba Selfie Challenge Stand Expo Kelurahan Podosugih
  • Pada hari Rabu tanggal 24 Agustus 2022 Silaturahmi Warga Kelurahan Podosugih dan Membahas Persiapan Hari Besar Islam di Masjid Al Muttaqien Perum Podosugih
  • Pada hari Kamis tanggal 25 Agustus 2022 dilaksanakan Penyerahan santunan kematian bagi warga Kelurahan Podosugih yang kurang mampu   
  • Pada hari Jumat tanggal 26 Agustus 2022 dilaksanakan Koordinasi LPM Kel. Podosugih dan Perangkat Kel. Podosugih terkait rencana kerja dan kegiatan yang harus dilaksanakan LPM Kel. Podosugih
  • Pada hari Sabtu tanggal 27 Agustus 2022 Posyandu Remaja Kel. Podosugih tidak hanya pemeriksaan TD, BB, TB. Konsultasi kesehatan oleh Puskesmas Bendan juga dilakukan edukasi oleh Duta Genre Pekalongan Tahun 2022
 
Sementara itu di Kelurahan Pringrejo dalam periode yang sama yaitu
  • Pada hari Senin tanggal 22 Agustus 2022 dilaksanakan kegiatan pendampingan anak putus sekolah bersama Dinsos Kota Pekalongan.
  • Pada hari Selasa tanggal 23 Agustus 2022 dilaksanakan kegiatan imunisasi dalam rangka BIAN. Imunisasi dilaksanakan di Posyandu Melati Gg. 6.
  • Pada hari Rabu tanggal 24 Agustus 2022 dilaksanakan kegiatan imunisasi dan pemberian Vit A dalam rangka BIAN. Imunisasi dilaksanakan di Posyandu Matahari II Perum BRD.
  • Pada hari Kamis tanggal 25 Agustus 2022 dilaksanakan kegiatan sosialisasi peraturan perundang-undangan tentang DBHCT.
  • Pada hari Jumat tanggal 26 Agustus 2022 dilaksanakan kegiatan jalan sehat di RT 05 RW 07 Kel Pringrejo dalam rangka memeriahkan HUT RI ke 77.
  • Pada hari Sabtu tanggal 27 Agustus 2022 dilaksanakan kegiatan piket pelayanan sabtu. Jumlah dokumen terlayani yaitu 1 pengajuan KK, 2 pembuatan KTP, 2 SKU, 1 surat kelahiran dan 1 surat kematian.
 
Di Kelurahan SapuroKebulen dalam periode yang sama kegiatan yang dilaksanakan yaitu:
  • Pada hari Senin tanggal 22 Agustus 2022 dilaksanakan kegiatan pemberian doorprize dari RW 02. Pemberian doorprize dalam rangka partisipasi jalan sehat.  
  • Pada hari Selasa tanggal 23 Agustus 2022 dilaksanakan kegiatan penyerahan lomba kebersihan tingkat RW.
  • Pada hari Rabu tanggal 24 Agustus 2022 dilaksanakan kelas ibu hamil. Kelas ibu hamil diisi oleh narasumber dari Puskesmas Medono.
  • Pada hari Kamis tanggal 25 Agustus 2022 dilaksanakan kegiatan penyerahan bansos kematian bagi warga kurang mampu.
  • Pada hari Jumat tanggal 26 Agustus 2022 dilaksanakan kegiatan monitoring kegiatan warga di RW 12.
  • Pada hari Sabtu tanggal 27 Agustus 2022 menghadiri acara launcing ijtima muslimat NU di RW 01.
 
Di Kelurahan Tirto dalam periode yang sama kegiatan yang dilaksanakan yaitu:
  • Pada hari Senin tanggal 22 Agustus 2022 dilaksanakan kegiatan apel pagi rutin tiap hari Senin yang diikuti oleh seluruh pegawai di Kelurahan Tirto.
  • Pada hari Selasa tanggal 23 Agustus 2022 dilaksanakan kegiatan construction meeting pembangunan stasiun pompa Tirto. Pembangunan pompa untuk menangani permasalahan kali Meduri. Pembangunan oleh Dinas Pekerjaan Umum Kota Pekalongan.
  • Pada hari Rabu tanggal 24 Agustus 2022 melakukan pertemuan internal di Kelurahan Tirto. Meeting diikuti oleh seluruh pegawai Kelurahan Tirto.
  • Pada hari Kamis tanggal 25 Agustus 2022 melaksanakan penyerahan bansos kematian. Jumlah penerima bansos kematian sejumlah 3 orang yang diserahkan ke ahli waris.
  • Pada hari Jumat tanggal 26 Agustus 2022 dilaksanakan rakor BKM Tirta Kencana. Dalam rakor tersebut dibahas rencana pembangunan Gapura.
  • Pada hari Sabtu tanggal 27 Agustus 2022 melakukan monev pembangunan tanggul permanen di Gg. 8 Kelurahan Tirto.