Sepekan Barat Rahat Periode 25 Juli 2022 - 30 Juli 2022

"Sebar_in" adalah akronim dari "Sepekan Barat Rahat Info" yang berupa laporan serangkaian kegiatan yang digambarkan dalam sebuah kolase foto. Kolase foto “SeBaR_in” berupa foto-foto kegiatan harian yang dilaksanakan dalam sepekan oleh Kecamatan dan Kelurahan di wilayah Kecamatan Pekalongan Barat.
"SeBaR_in" menjadi salah satu alat untuk dapat mengontrol kinerja serta mengendalikan pencapaian target kinerja yang telah ditetapkan. "SeBaR_in" juga dapat menjadi alat untuk mengevaluasi pelaksanaan kegiatan sekaligus melakukan perbaikan-perbaikan yang di perlukan dalam rangka meningkatkan kinerja pelayanan publik di wilayah Kecamatan Pekalongan Barat.
Kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan di Kecamatan dalam periode tanggal 25 Juli 2022 s.d 30 Juli 2022 yaitu:
  • Pada hari Senin tanggal 25 Juli 2022 dilaksanakan kegiatan apel pagi rutin tiap hari Senin. Apel pagi diikuti oleh seluruh pegawai di Kecamatan Pekalongan Barat. Dalam apel pagi tersebut disampaikan beberapa hal antara lain mengingatkan kepada PNS untuk mengisi kegiatan harian di ekinerja, dan pelaporan LKj PNS triwulan II tahun 2022.
  • Pada hari Selasa tanggal 26 Juli 2022 dilaksanakan kegiatan monitoring vaksinasi. Vaksinasi berlokasi di Kampung Veteran Kel Medono dan di Posyandu Melati Kelurahan Podosugih. Jumlah hadir sebanyak 18 orang. Jumlah tervaksin 18 orang semuanya dosis 3.
  • Pada hari Rabu tanggal 27 Juli 2022 dilaksanakan sosialisasi TPS3R di Kelurahan Pringrejo. Kegiatan sosialisasi diikuti oleh Kadis DLH, Lurah Pringrejo, Kabid Sampah pada DLH, Babinsa dan warga Kelurahan Pringrejo. Latar belakang dibangunnya TPS3R karena di lokasi tersebut akan dibangun pasar dan rusunawa. Dengan adanya TPS3R akan menangani permasalahan sampah.
  • Pada hari Kamis tanggal 28 Juli 2022 dilaksanakan kegiatan pengumpulan sampah dari kelurahan di wilayah Kecamatan Pekalongan Barat. Sampah kemudian dibuang di TPA Degayu.
  • Pada hari Jumat tanggal 29 Juli 2022 dilaksanakan  Virtual Zoom meeting "Literasi Digital bagi ASN di Provinsi Jawa Tengah". Literasi digital adalah pengetahuan dan kecakapan untuk menggunakan media digital, alat-alat komunikasi, atau jaringan dalam menemukan, mengevaluasi, menggunakan, membuat informasi, dan memanfaatkannya secara sehat, bijak, cerdas, cermat, tepat, dan patuh hukum sesuai dengan kegunaannya dalam rangka membina komunikasi dan interaksi dalam kehidupan sehari-hari.
  • Pada hari Sabtu tanggal 30 Juli 2022 libur Tahun Baru Islam.
 
Sedangkan di Kelurahan Medono dalam periode yang sama yaitu: 
  • Pada hari Senin tanggal 25 Juli 2022 dilaksanakan Roadshow Bunda Literasi di SDN Medono 07. Dalam Road Show Bunda Literasi Kota Pekalongan di SDN Medono 07 Pekalongan didampingi Dinarpus Kota Pekalongan, Dinas Pendidikan Kota Pekalongan, TP PKK Kota Pekalongan, Bunda Literasi Kecamatan Pekalongan Barat dan Lurah Medono. SDN Medono 07 dalam acara tersebut menampilkan kreatifitas tampilan siswa berupa tari, bercerita/mendongeng siswa, dan puisi. Bunda Literasi Kota Pekalongan mengharapkan agar minat baca ditumbuhkembangkan para siswa serta peran serta Bapak/Ibu guru dalam mendampingi proses pembelajaran di SDN Medono 07.
  • Pada hari Selasa tanggal 26 Juli 2022 dilaksanakan kegiatan Sosialisasi Taman Baca Kelurahan Medono. Dalam meningkatan literasi masyarakat khususnya masyarakat Medono, diselenggarakan Sosialisasi Taman Baca yang dihadiri oleh Bunda Literasi Kota Pekalongan (Ibu Hj. Inggit Soraya, S.SN), Dinarpus Kota Pekalongan, Bunda Literasi Kec. Pekalongan Barat dan Lurah Medono. Peserta sosialisasi Kader, Tokoh Masyarakat, Karangtaruna, TP PKK Kelurahan Medono, dan IPNU.
  • Pada hari Rabu tanggal 27 Juli 2022 dilaksanakan kegiatan Penguatan Catur Pilar Kec. Pekalongan Barat. Dalam rangka pertemuan Catur Pilar Kecamatan Pekalongan Barat menyelenggarakan konsokidasi dan akselerasi pelaksanaan kegiatan dengan arahan Bapak Walikota Pekalongan. Sekaligus penjelasan dari Kepala DLH Kota Pekalongan dan Kabag PBJ Minbang Setda Kota Pekalongan. Peserta undangan Camat Pekalongan Barat, Sekretaris Kec. Pekalongan Barat, Lurah se- Kec. Pekalongan Barat, Para Kasi dan Kasubag Kecamatan Pekalongan Barat, Ketua TP PKK Kecamatan, Ketua TP PKK Kelurahan, Kasi Pembangunan dan Kesmas. Ketua LPMP, Koord. BKM, Ketua Karang Taruna dan Ketua Forum Anak Kecamatan.   
  • Pada hari Kamis tanggal 28 Juli 2022 melaksanakan kegiatan Penilaian Lomba Kebersihan. Tim Penilaian dari Pemerintah Kota Pekalongan tahun 2022 melakukan penilaian di lokus Kelurahan Medono dan RT 01 s.d. RT 07 di RW 01 Kelurahan Medono dilaksanakan pada hari Kamis, 28 Juli 2022. Warga RW 01 berpartisipasi dan berperan aktif dalam kegiatan tersebut. Bapak Maryoto Lurah Medono mengucapkan banyak terima kasih atas kerjasama yang terjalin selama ini.
  • Pada hari Jumat tanggal 29 Juli 2022 dilaksanakan kegiatan Penyerahan Hibah Sound System dan Vaksinasi di RT 04 RW 04. Penyerahan hibah sarpras pengadaan sound system tahun 2022 untuk titik locus RT 05 RW 03, RT 03 RW 02, RT 03 RW 05, RT 03 RW 06, RT 04 RW 03 DAN RT 06 RW 03 Kelurahan Medono oleh Bapak Lurah Maryoto kepada penerima manfaat yaitu ketua RT didamping oleh para saksi perwakilan warga RT dab Kasi Pembangunan Kesmas Kelurahan Medono dan Pelaksanakan Vaksinasi di RT 04 RW 04 terlaksana lancar.
  • Pada hari Sabtu tanggal 30 Juli 2022 libur Tahun Baru Islam.
 
Adapun kegiatan yang dilaksanakan di Kelurahan Pasirkratonkramat dalam periode yang sama yaitu sebagai berikut:
  • Pada hari Senin tanggal 25 Juli 2022 dilaksanakan kegiatan Apel Rutin Senin Pagi. Dengan hasil sebagai berikut, evaluasi kegiatan sepekan yang telah lalu, penyampaian kegiatan sepekan yang akan datang. Apel diikuti oleh seluruh perangkat Kelurahan
  • Pada hari Selasa tanggal 26 Juli 2022 dilaksanakan kegiatan Penilaian Lomba Hatinya PKK oleh Tim Penilai TK.Kota. Penilaian dilaksanakan di Gg. 3 RT.01 RW.17. Penilaian meliputi kebersihan,keasrian dan kenyamanan jalan, halaman dan tempat tinggal. Hadir dalam kegiatan tersebut Sekcam Kecamatan Pekalongan Barat, Lurah, kasi pembangunan dan kesmas, Ketua dan anggota TP. PKK Kelurahan, Kader Kesehatan, Ketua RW.17 dan ketua RT.01, warga dilingkungan sekitar.
  • Pada hari Rabu tanggal 27 Juli 2022 dilaksanakan kegiatan Sweeping Vaksin. Kegiatan vaksinasi dilaksanakan di Mushola Ar Rohmah RT.06. RW.06. Jenis Vaksin P-Fizer. Dosis 3: Lansia : 7 orang dan Umum : 21 orang. Dosis 2; Lansia : 1 orang dan Umum : 1 orang. Dosis 1: Umum : 4 orang. Tim vaksinator dari Puskesmas Kramatsari : Nadhijah, Wahyuningsih, Winny. Hadir dalam giat tersebut : Lurah, babinkamtibmas, Babinsa, Kader PKK.
  • Pada hari Kamis tanggal 28 Juli 2022 dilaksanakan kegiatan Pertemuan Rutin TP. PKK Kecamatan Pekalongan Barat. Bertempat di Aula Kelurahan Pasirkratonkramat. Narasumber Ibu Ketua TP. PKK Kecamatan Pekalongan Barat, didampingi Sekcam Pekalongan Barat dan Kasi PPM Kesos Kecamatan Pekalongan Barat. Hadir dalam kegiatan tersebut, Lurah Pasirkratonkramat beserta perangkat Kelurahan, Ketua, Sekretaris dan Bendahara PKK Kelurahan se Kecamatan Pekalongan Barat.
  • Pada hari Jumat tanggal 29 Juli 2022 dilaksanakan kegiatan Kerja Bakti di halaman dan ruangan kantor Kelurahan. Kegiatan Kerja Bakti di pimpin oleh Lurah dan diikuti oleh seluruh perangkat Kelurahan. Selama Kegiatan Kerja Bakti pelayanan kepada masyarakat tetap berjalan lancar
  • Pada hari Sabtu tanggal 30 Juli 2022 libur Tahun Baru Islam.  
 
Adapun kegiatan yang dilaksanakan di Kelurahan Bendan Kergon dalam periode yang sama yaitu:
  • Pada hari Senin tanggal 25 Juli 2022 dilaksanakan Kegiatan Kegiatan Vaksin Booster di RW.05 dan didampingi PJ PIS PK (Program Indonesia Sehat dgn menggunakan Pendekatan Keluarga) untuk memutuskan rantai penularan COVID-19 dan meningkatkan imunitas tubuh dalam melawan virus Corona
  • Pada hari Selasa tanggal 26 Juli 2022 dilaksanakan kegiatan Kegiatan Monitoring dan evaluasi (BKM/LPM) Melakukan Pendataan dengan Sistem Terpadu  untuk penanganan permukiman kumuh melalui Program KOTAKU peran Pemerintah Daerah dan Partisipasi Masyarakat dalam upaya mewujudkan akses sanitasi yang layak.
  • Pada hari Rabu tanggal 27 Juli 2022 dilaksanakan kegiatan Kegiatan FKSS Musyawarah  Masyarakat Kelurahan (MMK) 1 membahas berbagai program antara lain: Kebersihan lingkungan, sampah dan tempat pembuangan (TPA), kerja bakti dan gotong royong, hidup sehat, cegah stunting, kenakalan remaja, dan program KB menuju arah yg Positif .  
  • Pada hari Kamis tanggal 28 Juli 2022 dilaksanakan kegiatan Tim Penilai dan Juri yg terdiri dari berbagai OPD terkait  Lomba Kebersihan tingkat  Kelurahan  RT/RW Kota Pekalongan yang bertujuan menumbuhkan budaya masyarakat yang peduli terhadap lingkungan.
  • Pada hari Jumat tanggal 29 Juli 2022 dilaksanakan kegiatan Kegiatan Rutin kerja bakti di RW.02 wujud dari gotong royong antar warga masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitar dan menumbuhkan budaya masyarakat dalam menjaga kelestarian lingkungan dan sumberdaya
  • Pada hari Sabtu tanggal 30 Juli 2022 libur Tahun Baru Islam
 
Sedangkan di Kelurahan Podosugih dalam periode yang sama yaitu
  • Pada hari Senin tanggal 25 Juli 2022 dilaksanakan Rembug Warga Rt.04 RW.03 Kel.Podosugih persiapan kemerdekaan HUT RI ke 77 dan sosialisasi tenaga kerja  informal untuk mengikuti jaminan sosial.
  • Pada hari Selasa tanggal 26 Juli 2022 dilaksanakan Sosialisasi Program Perencanaan Persalinan dan Pencegahan Komplikasi (P4K) oleh Puskesmas Bendan di Kelurahan Podosugih bertujuan agar suami,  keluarga dan masyarakat paham tentang bahaya persalinan
  • Pada hari Rabu tanggal 27 Juli 2022 dilaksanakan kegiatan Sosialisasi Kelas Ibu Balita Stanting di Kelurahan Podosugih dengan dengan narasumber Sekretaris DPMPPA Kota Pekalongan dan Petugas  PLKB Kecamatan Pekalongan Barat
  • Pada hari Kamis tanggal 28 Juli 2022 dilaksanakan kegiatan Pertemuan Praktik Pemberian Makanan pada Bayi dan Balita Stunting oleh Puskesmas Bendan di Kelurahan Podosugih bertujuan  memberikan pengetahuan bagi Ibu dan Bapak untuk memberikan gizi yang seimbang pada bayi dan balita
  • Pada hari Jumat tanggal 29 Juli 2022 dilaksanakan Posbindu di RW.02 Kel. Podosugih dengan kegiatan senam lansia dan pemeriksaan kesehatan baik tekanan darah, gula, kolestrol dan asam urat
  • Pada hari Sabtu tanggal 30 Juli 2022 libur Tahun Baru Islam
 
Sementara itu di Kelurahan Pringrejo dalam periode yang sama yaitu
  • Pada hari Senin tanggal 25 Juli 2022 dilaksanakan kegiatan survey lokasi TPS3R oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Pekalongan.
  • Pada hari Selasa tanggal 26   Juli 2022 dilaksanakan Penilaian Lomba Hatinya PKK oleh Tim Penilai TK.Kota Pekalongan.
  • Pada hari Rabu tanggal 27 Juli 2022 dilaksanakan kegiatan penerimaan kunjungan mahasiswa UIN Abdurahmanwahid Pekalongan. Kunjungan dalam rangka permintaan data masjid dan musola.
  • Pada hari Kamis tanggal 28 Juli 2022 dilaksanakan kegiatan sweeping vaksinasi di RT 04 RW 20. Jumlah tervaksin 26 orang dan 1 orang tertunda.
  • Pada hari Jumat tanggal 29 Juli 2022 dilaksanakan kegiatan kerja bakti di lingkungan RW 15. Kerja bakti diikuti oleh warga sekitar.
  • Pada hari Sabtu tanggal 30 Juli 2022 libur Tahun Baru Islam.
 
Di Kelurahan SapuroKebulen dalam periode yang sama kegiatan yang dilaksanakan yaitu
  • Pada hari Senin tanggal 25 Juli 2022 dilaksanakan Rakor dengan LPM dalam rangka persiapan monev.  
  • Pada hari Selasa tanggal 26 Juli 2022 dilaksanakan kegiatan pendampingan LPM dan BKM dalam rangka monitoring dan evaluasi.
  • Pada hari Rabu tanggal 27 Juli 2022 dilaksanakan kegiatan rakor dengan ketua RW 17 dan masyarakat dalam rangka lpersiapan lomba kelurahan.
  • Pada hari Kamis tanggal 28 Juli 2022 dilaksanakan kegiatan penilaian lomba kebersihan kelurahan.
  • Pada hari Jumat tanggal 29 Juli 2022 dilaksanakan kegiatan pengukuran saluran air di RT 02 RW 10 untuk direhabilitasi menggunakan dana kelurahan.
  • Pada hari Sabtu tanggal 30 Juli 2022 libur Tahun Baru Islam.
 
Di Kelurahan Tirto dalam periode yang sama kegiatan yang dilaksanakan yaitu:
  • Pada hari Senin tanggal 25 Juli 2022 dilaksanakan kegiatan vaksin di RT 02 RW 06. Jenis vaksin yang digunakan Astrazeneca. Total tervaksin 51 orang dan 2 orang lansia.
  • Pada hari Selasa tanggal 26 Juli 2022 dilaksanakan kegiatan vaksin di RT 03 RW 04. Jenis vaksin yang digunakan Astrazeneca. Total tervaksin 11 orang dan 2 orang lansia
  • Pada hari Rabu tanggal 27 Juli 2022 dilaksanakan kegiatan vaksin di RT 04 RW 05. Jenis vaksin yang digunakan Astrazeneca. Total tervaksin 21 orang dan 3 orang lansia
  • Pada hari Kamis tanggal 28 Juli 2022 dilaksanakan kegiatan kerja bakti di lingkungan kantor Kelurahan Tirto. Kerja bakti dilakukan dalam rangka persiapan lomba kelurahan.
  • Pada hari Jumat tanggal 29 Juli 2022 dilaksanakan kegiatan kerja bakti di lingkungan kantor Kelurahan Tirto. Kerja bakti dilakukan dalam rangka persiapan lomba kelurahan.
Pada hari Sabtu tanggal 30 Juli 2022 libur Tahun Baru Islam.